Selasa, 01 Januari 2013

Artikel Manajemen Logistik


KEADAAN MANAJEMEN LOGISTIK DI INDONESIA

Oleh : MEILANI SOPIANI
Mahasiswi Jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran (2011)
Universitas Pendidikan Indonesia

Apa yang terlintas jika Anda mendengar kata “Manajemen Logistik”?? Apakah tentang kepengurusan barang, alat dan sumber daya?? Apakah tentang pergudangan?? Semua itu memang dibenarkan seperti pendapat Subagja (1990 :5) Logistik adalah suatu ilmu pengetahuan, seni dan teknik perencanaan dari suatu produksi, penyimpanan, transportasi (pengangkutan), perpindahan personil, usaha mendapatkan persediaan dan perlengkapan seperti halnya konstruksi dan fasilitas penunjang bagi pengoperasian tepat guna untuk keberhasilan kemiliteran.
Sehingga kita dapat memahami tujuan dari dibentuknya manajemen logistik ini adalah untuk mengatur arus keluar masuknya barang, alat atau sumber daya juga informasi serta bagaimana cara mencapai tujuan dengan  ketersediaan bahan logistik setiap saat bila dibutuhkan dan dipergunakan secara efesien dan efektif. Disini saya tertarik untuk membahas keadaan logistik di Negara tercinta ini yaitu Indonesia. Secara umum manajemen logistik di Indonesia masih rendah keadaanya. Kenapa?? Karena memang persediaan dalam manajemen logistik belum sesuai teori. Memang kebanyak apa yang tertera dalam teori terkadang berbeda dengan kenyataan. Dalam fungsi manajemen logistik terdiri atas fungsi perencanaan dan penentu kebutuhan, penganggaran, pengadaan, penyimpanan dan penyaluran, pemeliharaan, penghapusan, pengendalian. Ini mungkin dikarenakan oleh ketidak baikan pertaggung jawaban dan perencanaan yang sesuai untuk penggunaan dalam waktu jangka panjang dan waktu jangka pendek. Juga kesalahan dalam perhitungan pemenuhan logistik. Juga keterbatasan logistik yang menunjang.
Seperti dalam perusahaan bisnis sebagian besar prinsip utamanya mencari profit masih yang utama, akan tetapi profit tidaklah selalu menjadi yang utama karena yang terpenting bagaimana fungsi-fungsi logistik itu berperan menjadi yang utama tentunya profit yang besar akan bisa didapatkan, karena proses lah yang akan menentukan hasil akhir. Dan ketersediaan barang logistik merupakan pendukung dari berjalannya perusahaan bisnis untuk mendapatkan profit yang diharapkan. Maka manajemen logistik berperan dalam ketersedian barang-barang atau sumber daya. Sehingga dapat diperbaiki manajemen yang asalnya kurang baik menjadi lebih baik dan bagus jadi dapat menunjang perusahaan bisnis untuk mendapat profit yang diharapkan. Dan mencapai kesejahteraan bagi Negara.

1 komentar:

  1. Jika ingin mencari kumpulan artikel logistik kunjungi http://logistik.raharja.ac.id

    BalasHapus